Gimana Cara Merawat Pelek?

Ototis.com РPelek mobil merupakan salah satu pendongkrak daya tarik mobil dari sisi penampilan. Untuk itu, banyak pemilik mobil yang rela merogoh saku lebih dalam demi mendapatkan pelk dengan kualitas dan tampilan terbaik. Bahkan beberapa diantara pelek itu ada yang berharga  ratusan juta rupiah. Namun bagaimanakah perlakuan yang tepat untuk pelek super mahal tersebut?

Owner toko pelek Permaisuri Ban di Mahakam, Wibowo Santosa mengatakan bahwa tak ada cara yang khusus untuk merawat pelek. Yang ia sarankan hanyalah selalu memperhatikan keberihan dari pelek.

“Pelek itu musuhnya kan debu/kotoran rem atau disc brake. Kalau lama enggak dibersihin ya makin lama makin susah dibersihin. Kalau bisa, pelek itu rutin dibersihin,” kata Wibowo saat berbincang dengan detikOto di Permaisuri Ban, Mahakam, Jakarta.

“Enggak ada perawatan khusus harus diapain. Karena ini finishing-nya semua seperti cat mobil aja,” ujarnya.

Trus bagaimana dengan cairan khusus pelek? perlukah?

“Cuma enggak semua orang harus pakai itu sih. Saya rasa kalau rajin bersihin pelek saban hari pun enggak perlu chemical itu. Chemical itu kadang-kadang buat debu-debu rem yang udah jadi kerak, yang udah susah dihilangkan. Kalau kita bersihin-nya rutin, gak sampai kayak gitu,” katanya.

Namun, bagaimanapun dan berapapun harga pelek, yang paling penting adalah sebuah pelek harus memiliki bentuk yang benar-benar bulat. jangan sampe penyok dll.

“Sering-sering dicek, pelek itu masih bagus atau enggak. Yang penting pelek itu harus solid bulatnya. Jadi harus sering-sering dicek pelek itu solid bulatnya atau enggak. Terus apakah baut yang dipakai bagus atau enggak. Karena banyak baut-baut yang nanti malah bautnya selek, nanti bahaya di tengah jalan malah enggak bisa dibuka,” ujar Wibowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *