Gaikindo Ingin Indonesia Segera Produksi Sedan

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa sampai detik ini mobil MPV masih menjadi primadona di masyarakat tanah air. Dibandingkan dengan segmen lainnya, MPVĀ  selalu meraih angka penjualan tertinggi tiap tahunnya.

Di sisi lain, nasib tragis justru dialami mobil berjenis sedan yang saat ini kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. hal ini membuat tak ada pabrikan yang mau memproduksinya secara lokal.

Terkait dengan hal ini, kekhawatiran timbul dari Yohannes Nangoi, Bos Gaikindo yang khawatir jika Indonesia harus menjadi importir sedan apa bila nantinya jenis mobil tersebut mulai kembali diminati oleh masyarakat tanah air.

“Indonesia kan orangnya makin lama makin mapan, pemerintah makin bagus. Kalau GDP perkapita mulai naik, terus selera juga mulai berubah lagi, dulu pakai Nokia, sekarang nggak ada yang mau, karena seleranya berubah, dan duitnya (kemampuan ekonomi) juga berubah, nah kalau yang satu bilang nggak mau pakai MPV lagi, maunya sedan, nah yang terjadi nanti pada beli sedan impor, karena tidak ada lagi pabriknya,” ujar Nangoi kepada wartawan, di Jakarta.

Lebih dari itu pria tersebut menyampaikan bahwa menurutnya berdaarkan peraturan dari ASEAN Free Trade Area (AFTA), produk dari Thailand dapat gratis masuk ke Indonesia jika produk tersebut memiliki komponen asia sebesar 40%

“Jadi bukannya saya ngotot (mengedepankan mobil sedan), saya mau jagain supaya Indonesia jadi importir mobil,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *