Dua Masalah Ini Sering Dirasakan Pengguna Agya-Ayla

Ototis.com – Akhir-akhir ini, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menjadi mobil favorit bagi masyarakat Indonesia. Bahkan mengusung segmen mobil murah yang ramah lingkungan, kedua mobil tersebut berada di klasemen atas.

Namun, mobil tersebut rupanya juga memiliki kendala ataupun masalah. Disebutkan oleh Rusdi, seorang mekanik dari salah satu bengkel di daerah Jakarta Timur tentang masalah yang paling sering dikeluhkan oleh para pengendara kedua mobil tersebut.

“Keluhan paling sering itu rpm hunting (turun naik) atau rpm kegedean, dan keluhan ngelitik,” ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (6/4/2017).

Menurutnya, penyebab dari masalah yang terjadi pada rpm tersebut dikarenakan atas berbagai hal.

“Bisa error di TPS (throttle position sensor), di ISC (idle speed control) karena banyak kotoran karbon”, ujarnya. Maka dari itu, menurutnya solusi yang bisa dilakukan adalah membersihkannya. “Bila perlu ganti ISC atau TPS,” terangnya.

Masalah lain yang sering timbul dari kedua mobil tersebut adalah gejala ngelitik. masalah ini sejatinya dikarenakan karena pembakaran yang tak sempurna. Hal itu dapat terjadi karen beberapa hal. Salah satunya adalah karena pemakaian bensin yang memiliki oktan yang rendah.

“Solusinya tergantung penyebab, bisa membersihkan ruang bakar, ganti BBM pakai oktan lebih tinggi, ganti sensor MAP atau air flow meter, dan mengecek pendingin mesin, apakah normal atau tidak,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *