Di Indonesia, Kedepannya Mobil Listrik Miliki Suara

Ototis.com – Menjadi kendaraan yang ramah lingkungan, bukan berarti mobil listrik tak memiliki kekurangan. Salah satu yang menjadi kekurangan mobil listrik adalah karena kendaraan tersebut tak mengeluarkan suara.

Hal ini tentunya cukup berbahaya dari segi keamanan, karena suara menjadi salah satu pertanda keberadaan sebuah kendaraan di jalanan. Untuk mengatasi hal ini, akhirnya dibuatlah sebuah peraturan Pasal 23 ayat 3, 4, dan 5 mengenai Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor yang membahas tentang suara dari kendaraan listrik.

Dengan begitu, kedepannya jika kendaraan listrik mulai disebar luaskan di Indonesia, maka diupayakan kendaraan tersebut akan mengeluarkan suara. Halini ternyata mendapatkan sambutan positif dari Yohannes Nangoi, selaku Ketua Umum Asosiasi Gaikindo.

“Setiap aturan itu pasti ada tujuannya. Mobil tanpa suara itu sangat berbahaya karena orang Indonesia kadang suka tidak kedengaran. Beberapa merek lain pun ada yang pakai speaker untuk suaranya. Kalau saya tidak salah, BMW i8 juga pakai speaker. Jadi ketika digas ada suaranya,” kata Nangoi saat ditemui wartawan di Jakarta.

“Jadi saya rasa ini positif. Untuk implementasinya seperti apa saya belum tahu.”

Ia juga menyatakan bahwa dengan kondisi kendaraan yang tak mengeluarkan suara, maka hal ini dapat memicu terjadinya kecelakaan.

“Saya tadi pakai plug-in, oke mobilnya tidak ada suara. Tapi kadang ini bahaya karena orang Indonesia kurang aware,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *