Deteksi Masalah Pada AC Mobil Melalui Bunyi

Ototis.com – Dalam hal kenyamanan saat berkendara, keberadaan AC mobil menjadi suatu hal yang paling penting. Terkait dengan hal ini, tentunya adanya masalah pada sistem pendingin udara tersebut akan membuat kenyamanan saat berkendara menjadi terganggu.

Terkait dengan hal ini, ternyata ada beberapa tips memprediksi masalah pada AC Mobil dengan mendeteksi bunyi yang ditimbulkan dari perangkat tersebut. hal ini seperti yang disampaikan oleh Sarwono Edi selaku spesialis AC di bengkel Orion Motor seperti dilansir situs resmi Daihatsu..

“Paling mudah mengecek adanya bunyi-bunyian saat AC dinyalakan. Apakah ada suara mendesis dan dibarengi AC tak sejuk. Sedang di luar kabin bisa cek kondisi kompresor saat beroperasi,” katanya.

Jika memang bunyi-bunyian muncul, menurut pria tersebut bagian yang paling utama untuk di cek adalah pada bagian Freon dan cek juga kevakuman kompresor.

“Tapi buat memeriksa kondisi freon dan kevakuman kompresor, sebaiknya dilakukan di bengkel AC. Karena di bengkel AC tersedia alat untuk mengukur kualitas tekanan dan kevakumannya. Dan jika memang ada kerusakan maka akan segera ditangani,” kata mekanik yang bermarkas di JalanĀ  Krukut Raya, Krukut, Limo, Depok, Jawa Barat ini.

Kerusakan pada bagian ini dapat berimbas ke bagian lainnya, seperti bearing magnetic clutch yang menempel pada kompresor. Dan jika bagian ini panas dan tebakar akan memerlukan pergantian pergantian, dan menurutnya akan memakan biaya yang cukup mahal. Biaya tersebut bahkan bisa lebih dari satu juta rupiah.

“Siap-siap deh keluar uang banyak untuk tebus satu set komponen ini yang harganya berkisar Rp800 ribu sampai Rp1,2 jutaan. Karena banyak kasus magnetic clutch terbakar karena macet, terbakar dan mengeluarkan asap yang masuk ke kabin AC.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *