Dengan Menggunakan Plat Nomor Berwarna, Nantinya Sistem Apa Yang Akan Di Gunakan Di Indonesia?

Ototis.com – Di beberapa negara yang telah menerapkan plat nomor kendaraan berwarna, mereka menyertakan plat tersebut dengan teknologi sistem elektronik yang mana akan mempermudah mendata pelanggaran-pelanggaran yang dilakukaan di jalan raya.

Berbagai jenis sistem biasa diterapkan untuk menunjang hal ini seperti contohnya ANPR, QR Code, serta RFID. Dari semua sistem tersebut, manakah yang akan digunakan di Indonesia?

“Sistem elektronik ada APNR, QR, RFID, macam-macam jadi nanti bisa kita kembangkan karena kan dinamis belum tahu pakai yang mana,” kata Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen (Pol) Chrysnanda Dwilaksana, Kamis (28/9/2017).

“Kita bikin desain, sama IT, dan engine, kemudian dites, baru nanti pilot project,” lanjut Chrysnanda.

Untuk ANPR, biasanya menggunakan kamera dan digunakan dalam sistem parkir dimana prinsip kerjanya adalah mencocokan pelat nomor. Sedangkan untukĀ  RFID cara kerjanya mirip dengan ANPR, hanya saja tidak menggunakan kamera.

Berbeda lagi dengan QR Code yang mana berkerja dengan melakukan scan pada pelat nomor selayaknya barcode yang biasa. Dengan melakukan scan, maka secara otomatis semua data-data akan dideteksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *