Bolehkan Menukar Posisi Ban?

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa ban memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Bagian ban, menjadi satu-satunya bagian yang bersentuhan dengan jalanan ketika kendaraan tengah dioperasikan.

Namun, banyak dari masyarakat menganggap bahwa ban menjadi bagian dari kendaraan yang mudah untuk dilakukan modifikasi. Bahkan ada pula yang nekat memodifikasi ban dengan cara menukar ban depan dengan ban bagian belakang. Lalu, bolehkah sebenarnya melakukan hal tersebut?

Terkait dengan hal ini, Yulfachmi, Technical Manager Motorcycle PT Gajah Tunggal meyampaikan bahwa hal tersebut seharusnya tak boleh dilakukan karena baik ban depan maupun belakang memiliki fungsi masing-masing yang tidak sama.

“Bisa enggak stabil, kalau ban depan pakai ban belakang. Salah satu fungsinya kan untuk menstabilkan dan membantu pengereman maksimal dalam kecepatan tinggi,” ujar Yulfachmi.

Sebagai informasi, bahwa ban depan segaja dibuat lebih kecil dibandingkan dengan ban belakang karena bertujuan sebagai pengendali atau manufer di jalanan. Selain itu, ban depan juga dapat memecah air ketika melintas di jalanan berair.

“Ban belakang enggak ada alur. Ketiadaan alur itu membuat gaya gesek antara ban dengan aspal semakin bertambah. Hal ini menyebabkan ban belakang mudah kehilangan grip,” tuturnya.

Karena itu ia sangat tidak menyarankan untuk menukar posisi ban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *