Bolehkah Pelumas Meditran SX Bio Digunakan Untuk Mobil Jadul?

Ototis.com – Pelumas Meditran SX Bio, produk teranyar dari PT Pertamina Lubricants yang di klaim sangat cocok diperuntukkan untuk mobil dengan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar berupa bio-diesel. Memang, menggunakan bahan bakar ini, kendaraan diesel dinilai menjadi lebih ramah lingkungan.

Yang menjadi pertanyaan, apakah pelumas tersebut dapat digunakan untuk mobil yang sudah jadul? Untuk menjawab hal ini, Noor Khakim selaku Sales Area Manager Retail Bogor PT Pertamina Lubricants memberikan tanggapannya.

“Secara teknis tidak kami rekomendasikan untuk penggunaan pelumas ini di mobil tua,” kata Khakim di acara talkshow Pertamina Lubricants di GIIAS 2017, ICE, BSD City, Tangerang, Rabu (16/8/2017).

Untuk menambahkan, ia juga menyampaikan kalau pelumas tersebut memang dirancang untuk kendaraan yang lebih mengutamakan pelumas yang memiliki karakteristik tingkat kekentalan yang rendah (encer). Dengan kata lain, oli ini lebih baik digunakan pada kendaraan mesin diesel yang baru.

“Kalau mobil-mobil lama itu biasanya butuh pelumas yang agak kental. Kalau ini dipakai untuk mobil lama takutnya ada efek yang mempengaruhi mesin-mesin yang presisinya sudah agak longgar,” ucap Khakim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *