Bingung Bawa Ban Serep Berapa Saat Mudik? Perhatikan Hal Ini!

Ototis.com РMemasuki bulan Ramadhan, berarti sesaat lagi, kita akan dihadapkan dengan masa-masa mudik. Bagi anda yang akan melakukan kegiatan mudik atau pulang kampung menggunakan mobil, tentunya  harus memperhatikan hal Рhal yang diperlukan demi kelancaran dalam perjalanan. Sebut saja seperti ban, bagian paling bawah dari kendaraan ini nyatanya bagian yang sangat penting karena langsung bersentuhan dengan jalanan. Masalah yang kerap dijumpai bagian ini adalah kebocoran. Untuk itu, para pengendara biasanya mengatasi hal ini dengan membawa ban serep. Lalu muncul pertanyaan terkait hal ini yang berbunyi, sebaiknya berapa jumlah ban serep yang sebaiknya dibawa?

“Kita lihat kondisi lalu lintasnya kayak apa yang kita lalui, kalau banyak jalanan rusaknya ya kemungkinan kita perlu bawa dua, kalau nggak ya buat apa menuh – menuhin bagasi,” tutur Senior Instruktur Indonesian Road Safety, Poedyo Santosa di Jakarta.

Menurut pria tersebut, hal utama yang paling harus diperhatikan karena memang sangat penting adalah ukuran dari ban serep itu sendiri. Kebanyakan ban serep menurut Poedyo, memiliki ukuran yang tidak sama dan cenderung lebih kecil dari ukuran ban yang ada di mobil. Hmmm kok bisa ya….

“Hati-hati ban serep pada kendaraan dia lebih kecil dibikinnya daripada ban yang dipakai, space saver dan lain sebagainya disitu ada aturan mainnnya dipakai maksimum sekian km tidak bisa disamakan dengan ban yang lainnya,” kata dia.

Karena hal itu lah yang menurutnya menunjukkan begitu pentingnya melakukan pengecekan secara keseluruhan kondisi mobil terkhusus pada bagian ban. Itu semua demi menunjang kelancaran dalam melakuksn perjalanan mudik.

“Inilah safety, safety itu mahal kalau kita bisa beli jangan dipakai ban serep perlu tapi kalau bisa jangan dipakai. Jangan kempes di jalan gimana caranya tadi kita lakukan pemeriksaan ban sebelumnya,” sarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *