Bersyukurlah Jika Kendaraan Anda Memiliki Knalpot Yang Tinggi!

Ototis.com – Banyak yang tak menyadari kalau kendaraan yang memiliki knalpot yang tinggi akan lebih diuntungkan daripada kendaraan yang memiliki knalpot rendah. Keuntungan tersebut dapat dirasakan ketika kendaraan terpaksa menerobos banjir.

Hal itu sejatinya masuk akal mengingat bahwa knalpot merupakan saluran pembuangan yang paling akhir. Jadi diharuskan knalpot terbebas dari benda asing seperti air. Jika knalpot kemasukkan air maka bisa berakibat gangguan terhadap mesin motor anda.

“Air yang masuk ke knalpot bisa mengalir sampai mesin. Kalau ada air di mesin, pasti kerja mesin bermasalah, bisa mati,” ujar Eko Safitrianto, mekanik Clinic Motor yang terletak di Duren Tiga, Jakarta Selatan, kepada Liputan6.com, Senin (3/4/2017).

Tak hanya knalpot, patokan berjalannya kendaraan yang lain adalah busi. Jika busi ikut basah biasanya pembakaran yang sedang berjalan akan mendapat gangguan.

“Jadi semakin tinggi busi dan knalpot, bisa lebih gampang lewati banjir,” tambah Eko.

Bagi Eko, kendaraan yang memiliki knalpot yang rendah tak berarti tak akan selamat dari banjir. Namun ada sedikit perlakuan yang harus dilakukan seperti menutup bagian lubang knalpot menggunakan kain atau plastik. Namun dalam menyebrangi banjir harus dalam kondisi mesin dimatikan.

“Mending seperti itu (knalpot disumbat dan mesin dimatikan), kalau dipaksa dinyalain, sayang komponen dalam mesin bisa rusak,” tutup Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *