Berikut Cara Pelihara Motor Saat Musim Hujan

Ototis.com – Ketika musim hujan datang, kendaraan bermotor biasanya memerlukan treatment khusus.

Kali ini, Nanang Setia dari PT  Daya Adicipta Mustika (DAM) yang menjadi distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat sedikit memberikan tips tentang perawatan terhadap sepeda motor saat musim hujan tiba.

Hal pertama menurutnya adalah dengan perhatikan beberapa bagian penting, seperti ban. Ban yang sudah usang dan halus sebaiknya diganti dengan yang baru untuk menghindari selip.

Setelah ban, hal selanjutnya yang harus diperiksa adalah rem. pemeriksaan pada rem meliputi pemeriksaan rem depan dan belakang.

Fungsi penerang juga perlu diperhatikan karena saat hujan pasti pandangan mata kita akan terganggu. fungsi penerang meliputi : lampu utama, lampu rem, lampu sein, serta lampu-lampu indikator lainnya. Selain itu kita juga perlu melumasi rantai menggunakan chain lube supaya tidak mudah berkarat.

“Kemudian apabila sepeda motor terkena air hujan, disarankan untuk lekas dicuci menggunakan air yang mengalir. Setelah itu di lap sampai kering. Hal ini untuk menghindari korosi dikarenakan air hujan mengandung garam yang bisa menyebabkan korosi lebih cepat pada part sepeda motor,” imbuh Nanang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *