Beginilah Cara atau Kriteria Dalam Memilih Pelumas Yang baik

Ototis.com РSeperti yang kita tahu, bahwa oli atau pelumas menjadi bagian yang penting pada sebuah kendaraan. Pergantian oli secara rutin juga menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan.  Terkait dengan hal ini, pemilihan oli pada sebuah kendaraan juga menjadi salah satu hal yang penting. Oli dengan kualitas yang baik tentunya lebih disarankan untuk kendaraan.

Lalu, bagaimana caranya membedakan oli yang berkualitas dengan yang tidak berkualitas?

Mia Krishna, selaku Lubricant Product Development Pertamina Lubricants menyampaikan bahwa membedakan oli yang berkualitas taidak hanya memperhatikan warnanya saja. begitu juga dengan melihat  kategori API-nya. Hal ini dikarenakan hampir semua oli yang berada di pasaran memiliki kategori API yang sama.

“Kalau saya awam, nomor satu kuncinya adalah cari brand dari produsen yang terkemuka, karena brand owner yang terkemuka pasti sangat hati-hati dalam mendesain produknya. Produk mereka diuji dalam berbagai tes untuk memastikan kualitasnya, karena mereka tidak bisa hit and run di urusan kualitas,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Selain itu, cobalah memilih oli atau pelumas berdasarkan pabrikan yang berhasil mempertahankan sskala produksi dan konsistensinya. Dengan kata lain, perusahaan besar yang memiliki suplai base oil yang memadai.

“60-80 persen kandungan pelumas itu adalah base oil. Jadi, bila si produsen tidak memiliki sumber base oil yang konsisten, maka kecenderungan naik turunnya kualitas produk juga besar,” kata Mia.

Danyang terakhir adalah pilihlah pabrikan oli yang memiliki fasilitas untuk riset serta pengembangannya.

“Fasilitas ini tidak murah, sehingga jelas hanya mereka yang serius dengan urusan kualitas yang akan mau berinvestasi di sisi riset ini,” pungkas Mia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *