Bagaimana Nasib BBM Premium dan Pertalite jika Standar Euro 4 Ditetapkan?

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa standar euro Indonesia kabarnya akan di tingkatkan menjadi Euro 4. Namun, jika hal tersebut terjadi, maka bagaimana nasib dari bbm yang saat ini telah beredar?

Terkait dengan hal ini, Arya Dwi Paramita, selaku External Communication Manager Pertamina menyampakan bahwa semua kemungkinan masih dapat terjadi, termasuk menghilangnya bahan bakar (Premium dan Pertalite) yang tak sesuai dengan standar tersebut.

“Euro 4 itu lebih ke standar kualitas bahan bakar di mana minimum RON 91 dan kadar sulfurnya tidak melebihi 50. Artinya, apa pun yang akan beredar nanti, namanya apa saja, standar dan kualitasnya akan naik,” katanya di sela helatan Obrolan Ringan Otomotif, Mitos & Fakta Seputar BBM & Pelumas, Bogor, kemarin.

“Kalau untuk sekarang, nampaknya Pertamax series yang bakal didorong untuk itu. Karena kan memang oktannya minimal 91 dan PPM minimal 50. Yang dekat dengan ranah itu Pertamax series,” lanjut Arya.

Namun, Arya menyampaikan bahwa sampai saat ini bahan bakar tersebutsaat ini masih belum terancam. Karena semua itu masih bergantung dengan

“Itu nanti pemerintah yang memutuskan (kabar terkait Premium dan Pertalite-Red), tergantung Permen dan Perpresnya. Tapi terkait dorongan untuk beralih ke oktan yang lebih tinggi sudah tercantum di Permen LHK NO.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017,” tutup Arya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *