Bagaimana Kendaraan Listrik Saat Terjadi Banjir?

Ototis.com – Nampaknya,banjir sudah menjadi tradisi di Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta. Seperti yang kita tahu bahwa Industri Otomotif di Tanah Air sudah mulai menghadirkan produk kendaraan listriknya di Indonesia. Terkait dengan hal ini, bagaimana kedepannya kendaraan listrik tersebutketika kawasan sedang kebanjiran?

Disampaikan oleh Ing Gunadi Sindhuwinata, selaku Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia bahwa jika haal ini tidak diperhatikan dan dipikirkan secara matang, maka tentu saja hal ini akan berimbas menjadi bahaya.

“Nah mengapa baterai menjadi masalah bukan sekadar baterainya saja, karena baterai itu menghasilkan tenaga yang berbeda. Satunya akan termasuk high voltage untuk menggerakkan mesin, dan satunya lagi adalah low volt untuk kepentingan iluminasi,” ujarnya kepada wartawan, di JCC Senayan, Jakarta.

Selain itu, pria tersebut juga menyaampaikan bahwa bagian kelistrikan lainnya selain baterai juga harus diperhatikaan.

“Informasi mengenai kondisi sepeda motor, kalau kita menjangkau ke kendaraan listrik seperti handphone, kita bisa mendapatkan informasi yang beragam dari kendaraan itu sendiri. Tetapi yang harus kita perhatikan adalah seandainya kendaraan listrik masih ke dalam lingkungan banjir, nah akan terjadi apa. Jangan-jangan bisa timbul percikan api,” tuturnya.

Dengan pemperhatikan hal tersebut, tentunya akan membuat kendaraan akan lebih aman bagi sang pengendaranya. Hal ini juga untuk memperkecil kecelakaan yang diakibatkan karena adanya korsleting atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *