Awas, Motor Kehujanan Jangan Dibiarkan Kering Dengan Sendirinya!

Ototis.com – Bagi pemilik kendaraan seperti sepeda motor, anda diharapkan memberikan perhatian yang lebih ekstra terhadap kendaraan anda ketika memasuki misim hujan. Seperti kita tahu, bahwa hujan akan membasahi jalanan yang kemudian akhirnya membuat kendaraan yang melintasinya dapat menjadi kotor.

Ketika hal ini terjadi pada kendaraan anda, dan anda membiarkan kotoran tersebut sampai mengering, maka percayalah bahwa kotoran tersebut dapat bersifat merusak, terutama pada bagian catnya.

“Kalau hujan harus segera dicuci pakai air sabun, bisa pakai sabun cuci piring juga bisa,” kata Front Desk Painting Shop Astra Motor Jakarta, Kurniawan  di Jakarta, Senin, 11 Desember 2017.

Pria tersebut juga menyampaikaan bahwa alam suatu kondisi, ketika kendaraan yang telah  terkena hujan lalu dibiarkan saja hingga mengering, terlebih dengan terpaan sinar mata hari yang menyengat, maka kendaraan tersebut catnya dapat memudar dan warnanya menjadi kusam.

“Yang membuat kusam itu karena dia (motornya) dibiarkan terjemur, kering dengan sendirinya. Karena lama-kelamaan akan timbul jamur, karena kandungan asam air hujan itu,” tuturnya menambahkan.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa mencuci kendaraan dan menggosoknya dengan  kompon untuk membersihkan bagian yang terkena jamur, anda perlu melakukannya dengan penuh kehati-hatian.

“Kalau kelamaan enggak dicuci, jamurnya jadi susah dihilangkan, jadi gosoknya juga jadi keras, gosok keras itu juga akan mengikis pernis. Kalau pernis standar pabrikan itu tipis, bisa ngikis kalau gosok terlalu keras,” ujarnya.

Lebih dari itu, pria tersebut juga menganjurkan supaya pemilik kendaraan juga sering membersihkan bagian kolong kendaraannya supaya komponen mesin tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *