AISI Sebut Adanya Pemilu Akan Pengaruhi Industri Otomotif Roda Dua di Indonesia

Ototis.com – Di tahun 2018 dan 2019, di Indonesia akan diadakan pesta demokrasi, yakni Pilkada serempak untuk tahun 2018, dan satu tahun kemudian adalah Pemilu untuk menentukan pemimpin negara. Berkaitan dengan hal ini, Sigit Kumala selaku Ketua Bidang Komersial AISI, selaku badan yang mengayomi kendaraan sepeda motor di Indonesia berharap bahwa hal tersebut tak akan mengganggu roda ekonomi Indonesia, terkhusus adalah dalam hal otomotif.

“Kita semua produsen berharap silakan melakukan pesta politik tapi yang penting kegiatan ekonomi tetap jalan. Karena kalau sampai kegiatan ekonomi terganggu kan yang rugi nggak hanya produsen sepeda motor tapi semua juga terganggu,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Pria tersebut menyampaikan, bahwa pesta demokrasi akan memberikan dampak tersendiri terhadap dunia industri otomotif di Indonesia. Dengan kata laain, apa bila pemilihan umum tersebut berjalan lancar, maka industri juga turut berjalan lancar.

Menurutnya, jika tak ada kendala terkait dengan berjalannya pesta demokrasi, ia memprediksi bahwa pasar kendaraan otomotif di Indonesia, khususnya roda dua akan lebih baik dari tahun ini.

“Mungkin akhir tahun ini ditutup antara 5,850 juta. Untuk tahun depan mungkin berkisar 5,950 – 6,1 juta lah ya. Harga komoditas sudah membaik kita melihatnya seperti faktor-faktor kenaikan listrik, pengurusan jasa STNK dan BPKB nggak akan naik lagi karena tahun ini sudah naik masa naik lagi, nggak akan banyak berubah sih, harapannya nggak ada aturan OJK berubah. Harapan tahun depan udah waktunya naik, tapi di luar faktor politik,” tutup Sigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *