AISI Pasang Target Tinggi Di 2018

Ototis.com – Penjualan kendaraan roda dua di Indonesia pada tahun 2017 tak mencapai target bahkan mengalami pemerosotan dibandingkan dengan penjualan pada tahun sebelumnya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh pihak AISI selaku badan yang mengayomi merek kendaraan sepeda motor di Indonesia.

Menurut data dari AISI, penjualan sepeda motor  di 2017 hanya mencapai angka 5.886.103 unit. Jumlah tersebut tentunya berada di bawah target dari mereka yang mencapai 5,9 juta unit, dan lebih randah dari penjualan pada tahun 2016 yang meraih angka  5.931.285 unit.

Terkait dengan penurunan jumlah penjualan ini, Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI menyampaikan bahwa ada berbagai hal yang akhirnya membuat penjualan sepeda motor secara keseluruhan di Indonesia mengalami penurunan.

“Ada pengaruhnya, yaitu kenaikan listrik, biaya jasa STNK dan BPKB naik di atas 120 persen,” kata Sigit saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018.

“Aturan OJK dan panen pengaruhi (penurunan penjualan),” ujarnya menambahkan.

Anehnya, meskipun penjualan di 2017 menunjukan grafik yang anjlok, namun pihak AISI akan memasang target tinggi untuk penjualan sepeda motor di tahun 2018. Menurutnya total penjualan sepeda motor tahun ini akan mencapai 6 juta hingga 6,1 juta unit. Target tinggi ini mereka berikan karena di tahun ini diyakininya taak ada laagi hal-hal yang mengurangi daya beli masyarakat terhadap sepeda motor.

“Kan pemerintah janji enggak ada kenaikan listrik, BBM (bahan bakar minyak) lagi. Dan tidak ada lagi aturan yang memberatkan industri sepeda motor,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *