Agar Tak Pecah, Perhatikan Kesehatan Ban Kendaraan!

Ototis.com – Ban adalah salah satu bagian yaang paling penting bagi sebuah kendaraan. Karena itu, pengecekan pada bagian tersebut jangan sampai terlewatkan, terlebih jika anda akan melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan kendaraan tersebut.

Menjadi bagian yang menopang beratnya kendaraan beserta muatannya, masalah pada ban dapat membuat bagian tersebut pecah. Terkait dengan hal ini, pemilik kendaraan diupayakan harus selalu mengecek ketebalan permukaan ban. Karena menjadi bagian yang selalu kontak langsung dengan berbagai jenis medan, atau jalanan, dapat membuat ban lambat laun akan terkikis dan menjadi tipis.

“Setiap ban memiliki kode yang harus dimengerti oleh pemilik (agar tidak seenaknya bawa beban berlebih) salah satunya yang disebut load index memberikan informasi berapa maksimal beban yang bisa dipikul oleh satu ban,” ujar Senior Instructur IRSA (Indonesian Road Safety Agent), Poedyo Santosa.

“Beban berlebih akan membuat bagian samping (sidewall) menjadi menggelembung, lama kelamaan timbul benjolan, ada yang menyebut ban bunting, atau mata ikan. Intinya serat baja pada sisi ban yang menggelembung sudah kritis dan akan cepat putus, ban akan meledak jika tidak kuat menahan angin,” tuturnya.

Selain itu, tekanan angin pada ban juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, saat ban kekurangan angin, posisi ban jadi lebih lentur. Dengan begitu, menjadi ban lebih berpotensi untuk pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *