4 Tips Untuk Ban Anti Bocor

Ban bocor saat mengendarai sepeda motor merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Terlebih lagi tempat atau waktu kapan ban kendaraan akan bocor tidak bisa diprediksi. Entah itu malam hari atau ditempat sepi sehingga aktivitas menjadi terganggu.

Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ban bocor di tengah perjalanan, lebih baik anda melakukan beberapa kiat-kiat sederhana untuk ban anti bocor. Hal ini perlu untuk dilakukan, namun sering diabaikan oleh para pemilik kendaraan karena terlalu fokus dengan bodi atau mesinnya saja.

Agar berikut 4 tips untuk ban anti bocor untuk anda para pengguna kendaraan.

Pilihlah Ban Berkualitas

Kualitas suatu ban tentu menjadi faktor terpenting. Ban yang berkualitas baik tidak harus ban yang harganya mahal namun ban yang sesuai dengan trek atau jalan yang sering anda lewati. Hal ini disebabkan karena jenis ban atau kualitas ban yang tidak sesuai dengan area yang dilewati cenderung lebih mudah rusak sehingga rentan mengalami kebocoran.

Selalu Periksa Tekanan Ban

Kondisi tekanan ban yang seimbang tentu penting untuk diperhatikan agar ban bisa mempertahankan bentuknya terlebih lagi saat terkena guncangan. Saat terjadi guncangan kemungkinan terjadi kebocoran menjadi meningkat. Selain itu tekanan yang kurang juga bisa menyebabkan kondisi velg menjadi bengkok atau rusak.

Cek Ketebalan Ban

Orang yang tidak faham sekalipun tentang otomotif tentu bisa mengetahui apakah ban kendaraan mereka cukup tebal atau sudah tipis. Walaupun kebanyakan orang sadar akan hal ini namun rasa malas sering menjadi kendala untuk segera mengganti ban yang  sudah tipis

jika kondisi ban sudah terlalu tipis sebaiknya hindari penggunaan yang terlalu jauh, namun kalaupun harus bepergian jauh sebaiknya ganti terlebih dahulu ban kendaraan anda.

Menggunakan Cairan Khusus

Tips ban anti bocor yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan khusus. Cairan yang bisa mengurangi kemungkinan ban kendaraan mengalami kebocoran ini bisa dengan mudah anda temukan di toko onderdil ataupun bengkel kendaraan terdekat.

Harga dari cairan ini juga tidak terlalu mahal sehingga masih bisa dijangkau. Cairan ini akan sangat membantu pada saat ban sudah terlanjur bocor karena kendaraan masih bisa berjalan beberapa kilometer sebelum anda menemukan tukang tambal ban. Namun cairan ini hanya bisa digunakan pada ban tubles saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *