3 Ciri-Ciri Ban Motor Yang Tidak Licin

Selain bodi dan mesin, komponen yang tidak kalah penting dari sebuah kendaraan adalah bagian ban. Ban yang memiliki kualitas tinggi mampu membuat performa kendaraan semakin baik.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan curah hujan cukup tinggi sehingga anda perlu mengaplikasikan jenis ban yang tidak licin agar saat terkena air hujan tidak membahayakan pengendaranya. Menurut sebuah survey, saat musim hujan tigkat kecelakaan meningkat hingga 50%. Oleh karena itu akan lebih baik anda menggunakan jenis ban motor yang tidak licin.

Berikut ini akan dibahas bagaimana mengenali ciri-ciri ban motor yang tidak licin.

Ban Berbahan Khusus Dengan Tapak Ban Lebar

Pada sepeda motor yang sering digunakan untuk balapan, biasanya ban yang dipilih adalah ban berbahan khsus dengan komponen lunak. Harga dari ban motor jenis ini di kisaran 300 ribuan.

Besarnya sisi ban yang menempel pada jalan atau aspal juga mempengaruhi licin tidaknya suatu ban. Dibandingkan dengan sedikit sisi yang menempel pada aspal, jenis ban yang sisinya lebih banyak menempel pada aspal jauh lebih baik. Namun anda juga harus menyesuaikan velg dengan ban yang dipilih.

Kembangan Ban Mampu Membelah Air

Jenis ban dengan kembangan atau pola yang mampu membelah air ketika berjalan di atas jalan basah biasanya adalah ban yang tidak licin. Ciri dari ban ini terdapat garis lurus di bagian tengahnya sehingga ban tetap bisa menempel dengan baik walau jalan yang dilalui dalam keadaan basah.

Sedangkan pola yang ada pada bagian sisi samping ban berfungsi untuk memecah air sehingga tidak terasa licin.

Ban Standar pabrik

Cara termudah untuk mengenali ban motor yang tidak licin adalah dengan memilih ban produksi pabrik yang sudah memiliki standar keselamatan dan bisa dipertanggungjawabkan.

Ban yang memenuhi standar sangat direkomendasikan agar motor anda bisa melalui medan basah ataupun kering dengan nyaman.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri ban yang tidak licin. Semoga anda bisa menentukan pilihan yang tepat dalam memilih ban agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *