Masalah Mobil, Kia Lebih Condong Ke Negara Barat

Ototis.com – Kia merupakan pabrikan mobil dari Asia yang ingin tampil beda dibandingkan dengan pabrikan mobil asal Asia lainnya. Bagaimana tidak, referansi dalam memproduksi produknya, Kia lebih condong pada mobil-mobil buatan Eropa.

Salah satu yang membuat Kia lebih memilih mobil Eropa sebagai referensinya adalah karerna pada negara tersebut, mobil dengan karekteristik seperti mobil eropa lebih diminati.

“Mobil-mobil kecil itu paling banyak dijual ke Eropa. Jadi makanya punya desain, handling dia larinya ke Eropa,” ujar Business Development General Manager Kia Mobil Indonesia, Harry Yanto di Segarra Ancol, Kamis (5/10/2017).

“Macam Rio, Sportage ini larinya ke Eropa maupun Picanto jualannya ke Eropa,” lanjut Harry.

Namun, Kia condong ke mobil Eropa hanya untuk kendaraan yang memiliki bentuk yang mungil, sedangkan mobil dengan bodi besar, Kia lebih memilih untuk mengambil referansi dari mobil asal Amerika.

“Tapi kalau bicara mobil-mobil gede macam Sedona, Sorento mobil cc gede-gede mereka kiblatnya ke Amerika karena Amerika identiknya dengan mobil-mobil mesin gede,” jelas Harry.

“Mobil Sedona, mobil Sorento itu paling banyak dijual di Amerika karena ciri khas mereka kan bensin murah cc 4.000, 6.000. Bagi mereka nggak masalah jadi market mereka developmentnya begitu. Kalau Eropa mereka punya length terbatas negara-negaranya kecil-kecil, parkirnya susah jalannya gitu-gitu aja jadi mereka lebih senang mobil kecil,” tutur Harry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *