Lupa Ganti Oli Buat Kendaraan Cepat Rusak?

Ototis.com РMemiliki kendaraan, otomatis juga mempunyai tanggung jawab untuk merawat kendaraan tersebut. Salah satu bagian kendaraan yang paling penting untuk di perhatikan adalah oli. Pemilik kendaraan memiliki kewajiban untuk melakukan pergantian pada bagian tersebut secara berkala. Berbagai  hal digunakan sebagai pedoman pergantian oli, seperti contohnya berdasarkan jarak tempuh dari kendaraan tersebut.

Mengganti oli kendaraan terkadang dipandang sebagai hal yang sepele. Terlebih, kocek yang perlu dikucurkan untuk melakukan pergantian oli ini tak terlalu banyak. Namun ternyata, telat melakukannya akan membuat kendaraan tersebut cepat alami kerusakan mesin.

“Interval pergantian oli itu ditentukan dari berbagai proses seperti diskusi dengan customernya hingga analisa mesin mobil. Bila lalai, usia mesin mobil akan lebih pendek,” ujar Regional Sales Manager Commercial Vehicle Lubricant PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Indra Ardianti di Jakarta.

Lalai melakukan pergantian pada oli justru akan membuat mesin menjaddi kotor. Hal ini terjadi karena oli ssudah tak optimal lagi dalam bekerja.

“Bila interval pergantian olinya kelewatan dan ternyata saat dites olinya sudah tidak baik, mesin mobil akan kotor dan umur komponen mesinnya otomatis akan berkurang,” katanya.

“Karena bila oli nya sudah tidak bagus, dia tidak mampu mencegah kotoran dan keausan. Jadi komponen mesinnya akan cepat haus. Ini berdampak pada durabilitas mobil itu sendiri,” kata Indira lagi.

Terkait dengan pergantian pelumas ini, bagi mereka yang lalai, mereka menyampaikan berbagai alasan seperti lupa, sampai stok oli yang biasa ia gunakan untuk kendaraan tersebut saat ini sedang kosong.

“Karena kalau olinya tidak baik dan saat kita lalai menggantinya, tiba-tiba saat di cek mesin mobil sudah kotor. Jadinya kan kita mengeluarkan biaya maintenance lebih besar. Mending beli oli yang kualitas bagus saja sekalian untuk jaga-jaga,” ujar Indra.

Karena hal inilah yang membuat kita harusnya tidak lalai untuk melakukan pergantian oli pada kendaraan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *